Alat Bantu Jalan

Macam-macam Alat Bantu Jalan Paling Lengkap

Ada beberapa alat bantu jalan yang perlu anda ketahui. Alat ini akan sangat membantu untuk anda yang merasa kesulitan dalam berjalan karena mengalami traumatis. Simak artikel ini

Beberapa macam alat bantu jalan yang akan diuraikan dalam artikel ini bisa sangat membantu anda dalam mempermudah anda berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Mengingat kaki memang merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting peranannya. Namun, musibah memang bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu dan usia. Bisa terjadi dimana saja sekehendak Allah SWT.

Maka dari itu jangan biarkan aktivitasmu terhambat, karena masih ada banyak cara untuk bisa membuat anda menjadi normal kembali dalam beraktivitas. Kecacatan atau keadaan kaki yang tidak bisa digerakkan, bisa anda atasi dengan beberapa alat bantu dibawah ini. Simak uraian lengkapnya.

Alat Bantu Jalan

Beberapa Jenis Alat Bantu Jalan Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Walker

Macam-macam alat bantu jalan yang pertama ada walker. Ini merupakan sebuah alat untuk membantu pasien dalam berjalan, di desain dengan 2 pegangan, dan 4 kaki untuk tumpuannya. Terbuat dari bahan aluminium atau logam, membuat alat bantu jalan ini ringan sehingga cocok sekali untuk para pasien lansia. Alat ini diperuntukkan untuk pasien yang mengalami patah tulang atau pasien yang masih lemas untuk berjalan. Untuk walker sendiri sebenarnya dibagi jadi 2 jenis :

  • Walker Standart

Walker yang membantu pasien dalam berjalan, dengan 4 kaki sebagai tumpuan dan 2 gagang untuk pegangan. Cara menggunakannya harus diangkat.

  • Walker Beroda

Walker jenis yang kedua ini adalah yang mempunyai roda di bagian tumpuan kaki nya tersebut. Ada yang beroda 2, hanya dibagian 2 tumpuan kaki depan, atau ke empatnya beroda. Walker jenis ini cara menggunakannya hanya di dorong saja. Namun memiliki tingkat stabil yang lebih kecil, dibanding walker standar.

  1. Kruk

Kruk merupakan alat yang membantu pasien dalam melakukan aktivitas sehari hari. Diciptakan khusus untuk pasien yang pasca mengalami operasi dan belum boleh bertumpu seutuhnya pada kaki. Nah kruk inilah yang membantu. Bisa juga untuk pasien yang mengalami lemah pada kaki, mengembalikan dan meningkatkan fungsi otot, serta pasien yang sehabis melakukan pemasangan gibs pada kakinya. Alat bantu jalan fisioterapis ini dibagi jadi 2 jenis juga

  • Kruk Ketiak

Kruk ini untuk menjaga keseimbangan pasien, dengan sedikit menyandarkannya pada ketiak. Namun jangan bertumpu seutuhnya pada ketiak, karena bisa mengakibatkan cedera pada ketiak. Bisa digunakan 1 (sebelah saja), dan digunakan sepasang, tergantung tingkat keparahan kondisi kaki

  • Kruk Lengan

Jika dilihat dari bentuk nya mungkin lebih praktis. Namun kruk lengan ini memiliki tingkat stabilitas yang lebih kecil dibanding kruk ketiak. Cara kerja kruk ini, dengan sedikit bertumpuan kepada lengan. Bisa digunakan berpasangan, atau hanya dipakai sebelah saja, tergantung kondisi pasien.

  1. Tripot

Alat bantu jalan yang ketiga dinamakan tripot. Fungsi alat bantu jalan yang satu ini hanya untuk melancarkan pasien dalam berjalan (untuk pasien yang mengalami cedera parah), untuk pasien pasca mengalami stroke, atau pasien lansia untuk menjaga keseimbangannya . Biasanya terbuat dari stainlees steel atau aluminium sehingga ringan, serta didesain memiliki 3 atau 4 kaki yang digunakan untuk menumpu dan menjaga keseimbangan

Nah beberapa alat bantu jalan diatas, bisa menjadi referensi yang bisa anda pilih untuk membantu dalam beraktivitas seperti normal kembali. Anda juga harus memperhatikan tingkat keparahan pasien, baru menentukan ingin beli alat bantu yang mana.