Alat Penyangga Tubuh

Macam-macam Alat Penyangga Tubuh Akibat Cedera

Cidera ada bermacam-macam, dan alat untuk mengatasinya pun bervariasi. Di artikel ini akan dibahas informasi tentang alat penyangga tubuh beserta fungsinya lengkap.

Penyakit tulang memang berviariasi, tergantung dari jenis dan tingkat keparahannya. Cara untuk mengatasinya pun berbeda beda, dan dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap alat penyangga tubuh yang bisa mengatasi dan membantu anda dalam beraktivitas kembali dengan nyaman.

Beberapa referensi dibawah ini bisa anda pilih, sesuai dengan kondisi pasien. Ada yang membutuhkan penyangga pada bagian punggung, leher dan beberapa bagian lainnya pada tubuh. Tergantung dengan kecelakaan yang dialami. Jangan biarkan hidup anda hanya terbaring di tempat tidur, karena beberapa alat dibawah ini setidaknya bisa meringankan dan bisa dijadikan sebagai terapi untuk pasien agar tulang yang mengalami cedera bisa lebih cepat sehat.

Alat Penyangga Tubuh

Macam-macam Alat Penyangga Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Cervical Collar

Cervical collar merupakan alat pelurus tulang belakang pada bagian leher yang bisa digunakan pasien yang mengalami cidera pada bagian leher, patah tulang leher, atau untuk pasien yang mengalami penurunan pada kesadaran. Alat ini bisa membantu leher pasien untuk tetap tegak, dan biasanya digunakan untuk terapi. Karena tulang leher merupakan salah satu tulang yang senditif, dan membutuhkan ekstra kehati-hatian untuk menyembuhkannya. Cara kerja alat ini adalah menyangga pada bagian leher dan kepala.

  1. Korset

Alat penyangga tubuh yang selanjutnya ada korset. Fungsinya adalah untuk menyangga tulang belakang pada bagian punggung atau pinggang yang biasanya mengalami cidera. Jenis korset ini ada 2 macam, diantaranya :

  • Korset TLSO

Korset penyangga tulang belakang ini khusus untuk merawat tulang pasien dari bagian bawah leher sampai ke tulang ekor. Untuk pasien yang mengalami patah tulang belakang, atau postur tubuh yang membungkuk, bisa diatasi dengan menggunakan korset TLSO ini. Terbuat dari bahan yang nyaman dipakai, dan didesain dengan adanya plat besi dibagian belakang, fungsinya untuk menjaga agar tidak terjadi pergerakan pada tulang yang patah.

  • Korset Tumbal

Untuk jenis korset yang kedua ini berfungsi untuk merawat tulang yang cedera pada bagian pinggang. Pasien harus memakai korset ini agar mempercepat penyembuhan saraf yang menyempit didaerah pinggang. Korset tumbal ini juga melindungi jaringan saraf supaya tidak terjepit pada saat posisi tulang belakang tidak pas pada tempatnya, serta juga bisa memperbaiki posisi tulang belakang. Umumnya korset ini didesain seperti ikat pinggang dan dibuat dengan bahan yang elastic kombinasi dari kain dan spons, sehingga nyaman dipakai dan tidak menyebabkan nyeri pinggang semakin parah

  1. Knee Dacker

Knee dacker ini merupakan alat bantu penyangga lutut, untuk pasien yang mengalami cedera parah pada lutut atau radang sendi yang biasa disebut osteoarthritis. Alat penyangga tubuh ini berfungsi untuk menyangga kestabilan sendi pada saat beraktivitas, sehingga berat badan tidak sepenuhnya bertumpu pada sendi lutut yang biasanya akan membuat lutut menjadi lebih sakit dan proses penyembuhan lama. Korset ini juga bisa mengatasi dan mengurangi nyeri pada sendi lutut akibat rematoid arthritis dan osteoarthritis. Biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan elastis seperti dari bahan katun dan nilon, sehingga akan membuat pasien nyaman.

  1. Korset Bahu

Yang terakhir ini bisa membantu pasien yang mengalami cidera pada bagian bahu. Korset ini berfungsi melindungi serta menyangga bagian bahu agar tidak terjadi banyak pergerakan, yang bisa membuat cidera bahu semakin parah. Biasanya didesain dengan bahan yang nyaman dan elastis.

Nah, beberapa alat penyangga tubuh diatas bisa mengatasi cedera pada beberapa bagian tubuh anda dengan efektif. Semoga bermanfaat.